Bagaimana mengelola emosi tantrum anak?

Sekedar berbagi pengalaman. Saya adalah seorang ibu yang bekerja di salah satu sekolah International di daerah Selatan. Disamping tugas dan tanggung jawab sebagai ibu yang memiliki 3 anak, saat ini saya tercatat sebagai salah satu mahasiswa PAUD PPs UNJ. Banyak  teori-teori ilmu yang berkaitan dengan Anak Usia Dini. Salah satu kuliah yang sangat aplikatif dalam kehidupan sehari-hari saya sebagai ibu yang memiliki anak berusia 3 tahun, adalah Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan ketiga perkuliahan, kami membahas perkembangan kepribadian, sosial dan emosi anak. Saya sangat antusias mengikuti presentasi kelompok, karena topik yang menarik, serta memanntcing saya berbagi pengalaman.Singkatnya, tips yang dapat di bagikan dalam mengelola emosi tantrum anak usia 3 tahun : 
@ saat anak menunjukkan emosi marah atau menangis, biarkan anak mengekspresikannya untuk beberapa menit
@  berikan waktu pada diri anda untuk tidak meresponi tantrum anak yang sedang menangis atau marah.
@   setelah beberapa menit, anak akan lelah menangis, mulailah berkomunikasi dengan memberikan pemahaman yang sederhana sehingga anak akan mencoba mendengar penjelasan anda
@    alihkan anak kepada hal-hal lain yang menarik perhatiannya, sehingga masalah yang membangkitkan tantrum, dapat dilupakan oleh si anak.

Comments

Popular Posts